sungaibersih2020

Sungaiku Bersih Sungaiku Jernih

PDAM Tirta Pakuan

leave a comment »

PDAM “Tirta Pakuan” Bogor Ciptakan Pelayanan Prima

Laporan Arihta U Surbakti, Bogor

Direktur Utama PDAM “Tirta Pakuan” Kota Bogor, Drs. Helmi Sutikno, MM, MBA menolak keras pernyataan bahwa dalam satu tahun terakhir ini perusahaan yang dipimpinnya telah mengalami kemunduran kinerja dan prestasi. Bahkan, sebaliknya PDAM tengah berupaya meningkatkan pelayanan prima terhadap konsumennya melalui berbagai cara.

Hal tersebut dikemukakan menyusul pemberitaan Pelita (edisi 10 April 2003) berkenaan dengan kinerja dan prestasi PDAM “Tirta Pakuan” Bogor yang terus merosot, seperti penilaian seorang anggota Komisi C DPRD Kota Bogor, Taufik Hidayat Kusnun, beberapa waktu lalu.

Helmi Sutikno didampingi Kabag Humas PDAM, Daud Sudjana, menjelaskan adanya pembenahan sarana fisik Gedung Perkantoran PDAM bertujuan meningkatkan pelayanan. Kepada pelanggan, ujarnya, dari segi non teknis dilakukan melalui penataan ruang tunggu tamu dan loket pembayaran atau pelayanan.

Bagi karyawan, kata Helmi, bertujuan membentuk pegawai sehat fisik dan rohani sehingga mengarah kualitas kepelayanan. “Harapan kami dengan pembenahan sarana fisik nantinya bisa mencapai pelayanan prima. Jadi Bukan seremoni saja, namun memiliki makna ke depan sesuai visi dan misi PDAM,” ungkap Dirut PDAM “Tirta Pakuan” Bogor, yang juga Ketua DPD PPM Jawa Barat.

Menjawab pertanyaan penurunan pelayanan sebagaimana dilontarkan sebagian kecil pelanggan, Helmi mengakuinya. Namun, ungkapnya, dari sekitar 64 ribu pelanggan, persentase keluhan atas pelayanan tersebut tidak lebih 1 persen.

Disamping itu, lanjut Helmi, penurunan kualitas pelayanan merupakan dampak dari upaya PDAM dalam memenuhi permintaan masyarakat Kota Bogor untuk menjadi pelanggan. Selama tahun 2002, ujarnya, telah dipenuhi penambahan pelanggan sebanyak 7.185 pelanggan yang telah menghabiskan air sebesar 105 liter/detik.

Dengan penambahan tersebut, kata Dirut PDAM, saat ini menjadikan kondisi seimbang antara produksi air dengan kebutuhan. “Kapasitas produksi terpasang 1.115 liter/detik. Kebutuhan 64 ribu pelanggan 1.090 liter/detik. Termasuk kebocoran sebesar 30 persen dan cakupan pelanggan 62 persen, masih ada sisa air sebanyak 25 liter/detik,” sebutnya.

Menurut Helmi, keseimbangan produksi air dengan kebutuhan pelanggan menjadikan kebutuhan air masyarakat terpenuhi, dengan catatan bila tidak gangguan pada jalur pipa transmisi maupun kondisi kekeruhan akibat hujan/banjir pada sumber air baku di Sungai Cisadane.

Dia menambahkan, gangguan kebutuhan air pelanggan akan terjadi jika jalur transmisi air baku, khususnya pipa transmisi mata air Tangkil terganggu akibat kebocoran, sehingga mengakibatkan terhentinya pengaliran air sebesar 110 liter/detik.

Sementara, mengenai kekeruhan air pada air baku Sungai Cisadane sebagai akibat hujan atau banjir, maka pengolahan air di WTP Dekeung yang biasanya mengolah 550 liter/perdetik, terpaksa diturunkan menjadi 450 liter/detik.

“Hal itu memang mengganggu kebutuhan di zona 4 sebesar 100 liter/detik. Kondisi air konsumen agak sedikit keruh, namun masih diambang batas toleransi persyaratan air minum. Semua itu karena faktor alam, meski kami berupaya agar pasokan air kepada konsumen tidak sampai tergangu,” jelasnya.

Menyikapi keluhan dan kritikan anggota DPRD Kota Bogor, Helmi menilai hal tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat Kota Bogor atas kemajuan PDAM, yang selama ini selalu memberikan pelayanan memuaskan kepada masyarakat pelanggannya, baik kuantitas pendistribusian air maupun kualitas air.

“Kami segenap jajaran PDAM Tirta Pakuan Bogor dengan segala keterbatasan dan kendalanya, tetap berupaya meninkatkan kinerja pelayanan. Kami pun terus menunjukkan prestasi serta profesionalisme,” tutur Helmi, yang juga Ketua Kontingen Kota Bogor pada Pekan Olahraga Daerah se Jawa Barat di Indramayu.

Sumber: http://www.hupelita.com/baca.php?id=11768

Written by airsungaikelassatu2020

November 17, 2008 at 2:39 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: