sungaibersih2020

Sungaiku Bersih Sungaiku Jernih

PDAM Tirta Benteng

leave a comment »

AGUSTUS 2006

PDAM TB Pertahankan Kualitas Air

Tangerang, Pelita. Tiap musim kemarau liba, PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang selalu rentan pasokan air, karena Sungai Cisadane sebagai sumber air baku, kondisinya memprihatinkan. Saat ini debit air menurun hampir satu meter dari tinggi permukaan normal 12 meter menjadi 11,2 meter.

“Sedimen lumpur mulai nampak kering di sisi sungai, termasuk rumput-rumput liar ” juga tumbuh di atasnya. Ganggang (algae) sejenis tumbuhan air atau lumut merubah warna air menjadi hijau kehitam-hitaman. Ini membuat air sungai berbau tidak sedap. Bau amis,” kata Kasie Humas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Indra Wawan Setiawan kepada wartawan, Selasa (15/8).

Baunya air sungai Cisadane, menurut Indra karena rendahnya kandungan oksigen dalam air dan ini bisa dibuktikan dengan parameter DO (demand oksigen 2 Ppm dari standar 6 Ppm), sehingga zat zat yang terendam air membusuk
mengakibatkan endapan.

Akibat menurunnya debit air hampir satu meter, maka mutu air menurun drastis, sehingga PDAM Tirta Benteng
(TB), sebagai pengguna air Cisadane tinggal menunggu waktu. Sebab ketinggian intake (lokasi pengambilan air baku)
hanya 90 cm’, padahal dalam keadaan normal ketinggian air 2 sampai 3 meter. Ada kekhawatiran Cisadane tidak mampu lagi mensuplai air ke PDAM TB.

Untuk mengantisipasi kekeringan pada Sungai Cisadane berbagai upaya telah dilakukan antara lain, mengontrol
ketinggian debit air, memfungsikan sistem turbulensi atau memberikan udara pada air dengan memasang gelembung
udara di bak penampungan intake, dalam rangka menambah kandungan oksigen terlarut pada air baku serta melakukan pengurasan pipa-pipa di kompleks perumahan secara rutin dan bergiliran. (jus)

OKTOBER 2008

Pengerukan Sungai Cisadane Perlu Dipercepat

Ibukota | Tangerang | Rabu, 15 Okt 2008 12:09:50 WIB

PERUSAHAAN Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng, Tangerang, mendesak dipercepatnya pengerukan sungai Cisadane untuk menunjang ketersediaan sumber air bersih.

“Kondisi sungai Cisadane sudah kritis, sehingga harus segera dilakukan pengerukan,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Benteng, Tangerang, Ahmad Marju Kodri, Rabu (15/10).

Kodri mengatakan, kondisi sungai yang melintasi Kabupaten Bogor dan wilayah Tangerang tersebut sudah mengalami pendangkalan yang sangat tinggi, sehingga harus segera dikeruk yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Pendangkalan tersebut menyebabkan sumber air menjadi kritis di musim kemarau yang berkepanjangan dan saat masuk musim penghujan yang menyebabkan banjir.

Pengerukan sungai terbesar di Tangerang tersebut diharapkan mampu menjaga ketersediaan bahan baku air bersih secara kuantitas maupun kualitas.

Apabila pendangkalan sungai Cisadane tidak diatasi, maka PDAM harus menggunakan bahan kimia yang cukup banyak untuk menghasilkan air bersih berkualitas baik.

Padahal penggunaan bahan kimia secara berlebihan dapat meningkatkan biaya produksi karena bahan kimia untuk penetralisir tersebut diimpor dari luar negeri.

Hingga kini, kata Kodri, PDAM mampu meningkatkan pelayanan penyediaan air bersih untuk masyarakat, meskipun harus menggunakan bahan kimia penetralisir lebih banyak karena kondisi pendangkalan sungai Cisadane.

Bukti peningkatan pelayanan itu yakni adanya penambahan jumlah pelanggan baru dengan keuntungan mencapai Rp9 miliar hingga Agustus 2008 atau melebih target yang dibebankan.

PDAM Tirta Benteng juga melakukan efisiensi untuk mengantisipasi kerugian dengan cara menurunkan tingkat kebocoran kurang dari 20%, efisiensi biaya produksi, dan penentuan tarif sesuai kemampuan pelanggan. (Ant)

Sumber: http://www.jurnalnasional.com/?med=Web&sec=Breaking%20News&rbrk=Ibukota&id=12488&page=0&b=false&n=true

Written by airsungaikelassatu2020

November 16, 2008 at 11:26 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: