sungaibersih2020

Sungaiku Bersih Sungaiku Jernih

2008 – Aksi

leave a comment »

FEBRUARI 2008

Bangunan Liar Dipinggir Sungai Cisadane Akan Dibongkar Paksa

Minggu, 03 Februari 2008 | 14:26 WIB

TEMPO Interaktif, Tangerang:
Pemerintah Kabupaten Tangerang akan melakukan pembongkaran bangunan-bangunan tanpa izin yang berada disekitar daerah aliran sungai (DAS) Cisadane wilayah Kabupaten Tangerang.

Keberadaan bangunan liar itu dinilai sangat menganggu serta menganggu ekosistem sungai. “Kami sudah kirimkan surat peringatan yang akan dilanjutkan dengan surat perintah pembongkaran paksa,” ujar Dodi Bastaman, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tangerang kepada Tempo hari ini.

Namun, Dodi tidak menyebutkan kapan pastinya rencana penertiban massal tersebut.
”Yang pasti akhir 2008, pembongkaran sudah selesai dilakukan,” katanya. Alasannya, tegakan (bangunan) tersebut selain dinilai mengganggu ekosistem DAS, juga dapat mencemari perairan Cisadane.

Secara teknis pendirian bangunan–bangunan itu telah melanggar garis sepadan sungai. ”Keberadaannya tentu saja menyalahi peraturan yang berlaku,” kata Dodi.

Joniansyah

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/jakarta/2008/02/03/brk,20080203-116840,id.html

APRIL 2008

Pemerintah Tangerang Akan Keruk Sungai Cisadane

Kamis, 24 April 2008 | 19:38 WIB

TEMPO Interaktif, Tangerang. Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan pengerukan Sungai Ciasadane dan memperbaiki Bendung Pasar Baru atau Bendungan Pintu Air 10 di Kelurahan Sangego, Neglasari, Tangerang.

Pengerukan dilakukan karena sedimentasi lumpur saat ini sudah sangat tebal mencapai 5 hingga 8 meter.

Pengerukan Sungai Cisadane yang dibiayai Pemerintah Pusat, diharapkan dimulai pada bulan Juni 2008 ini. “Saat ini masih dilakukan lelang,” kata Wali Kota Tangerang Wahidin Halim, Kamis (24/4).

Wahidin mengatakan Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah menyiapkan dana sebesar Rp 6 miliar untuk pengerukan Sungai Cisadane di bagian hulu Tangerang.

Panjang Sungai Cisadane mencapai 140 kilometer. Sepanjang 79,6 kilo meter diantaranya masuk wilayah Tangerang, Banten. Sedangkan hulu sungai ini masuk wilayah Bogor, Jawa Barat dan hilir berada di Tangerang. Ayu Cipta

Sumber: http://wwww.tempointeraktif.com/hg/jakarta/2008/04/24/brk,20080424-121966,id.html

OKTOBER 2008

Cisadane Terusik Limbah, Yuasa Battery Didemo

Rabu, 8 Oktober 2008 12:33:6 WIB

Tangerang, SerpongKita.com- Sungai Cisadane yang merupakan sungai terbesar di Tangerang dan sebagian besar difungsikan sebagai sumber air minum, mandi, dan cuci oleh warga Kota dan Kabupaten Tangerang mulai terusik. Pasalnya limbah dari PT Yuasa Battery Indonesia yang berlokasi di kawasan Kebon Nanas, Cikokol, Kota Tangerang dianggap telah mencemari sumber air tersebut.

Ulah produsen aki ini, membuat Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH) Kota Tangerang melakukan demo didepan pabrik, Selasa (07/10). “Pencemaran yang diperkirakan sejak tahun 2002 dirasa sudah cukup memparah pencemarahan disungai Cisadane. Dapat diketahui dari kadar TSS, Seng dan Air Raksa pada limbah pabrik yang telah melampaui ambang baku mutu lingkungan”, Kata Uyus Setia Bakti, aktivis YAPELH.

Berdasarkan surat keputusan KEP-51/MENLH//10/1995, ambang batas yang diperbolehkan adalah 10mg/l untuk TSS dan 0,26mg/l untuk seng, namun pabrik accu ternama tersebut telah melampauinya dan membuat perusahaan air minum di Tangerang mulai mengalami kesulitan dalam mengolah sumber air dari Sungai Cisadane karena dianggap sangat berbahaya bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Bukan hanya dari satu pabrik saja, namun sederet pabrik yang berada dekat dengan sungai Cisadane juga memiliki kemungkinan andil dalam mencemari sungai Cisadane. “Industri-industri yang berada dibantaran Cisadane masih diregukan dalam pengelolaan limbahnya,” kata Nuriman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tangerang. (k)

Sumber: http://www.serpongkita.com/index.php?milih=a&ID=1985&check=0

Written by airsungaikelassatu2020

November 16, 2008 at 11:20 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: