sungaibersih2020

Sungaiku Bersih Sungaiku Jernih

2001 – Status

leave a comment »

AGUSTUS 2001

Bendungan Pasar Baru Bocor,  Pasokan Air Bersih Tangerang-Jakarta Terganggu

Kamis, 30 Agustus 2001

Tangerang, Sinar Harapan. Kondisi Bendungan Pasar Baru, Sungai Cisadane di Kota Tangerang sudah sangat memprihatinkan.

Bila dibiarkan terus dapat mempengaruhi debit air di su-ngai Cisadane yang sempat menurun beberapa waktu lalu. Pasokan air bersih bagi Tangerang dan Jakarta bisa terganggu.

Kepala Pelaksana Balai Pengawasan Sumber Daya Air (BPSDA) Cisadane, Udi Dju-naidi menyatakan hal tersebut kepada SH, Rabu (29/8). “Dari sepuluh pintu bendungan, enam pintu mengalami kebocoran yang cukup parah. Dengan adanya kebocoran tersebut dapat mengakibatkan penurunan debit air sungai Cisadane,” ujar Udi.

Selain kebocoran itu, persoalan bendungan Cisadane masih ditambah dengan macetnya dua buah pintu bendungan. “Sehingga otomatis hanya dua pintu saja yang bisa bekerja secara optimal,” katanya.

Menurut Kepala BPSDA Cisadane ini, kondisi memprihatinkan bendungan Pasar Baru ini karena dimakan usia. “Bendungan ini dibuat sekitar tahun 1928, dan masih berfungsi sampai sekarang,” ung-kapnya.

Sebenarnya keluhan terhadap buruknya kondisi bendungan yang dikenal sebagai “Bendungan Pintu Sepuluh” ini sudah terjadi sejak tahun 1997. Namun hingga saat ini realisasi perbaikan bendungan itu belum juga terlaksana. “Padahal dengan dibiarkan kondisi buruk di Bendungan Pasar Baru tersebut, bisa mengakibatkan Tangerang dan DKI Jakarta mengalami krisis air,” ujar Udi Djunaidi.

Biaya Tinggi

Menurut Udi Djunaidi, untuk melakukan renovasi Bendungan Pasar Baru tersebut memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. “Paling tidak dari perhitungan kasar kami beberapa waktu lalu, dibutuhkan dana segar sekitar Rp 2,2 miliar untuk memperbaiki bendungan tua ini,” tuturnya.

Namun karena adanya peralihan wewenang dari Propinsi Jawa Barat ke Propinsi Banten, dana tersebut belum cair juga. “Maka kami di PSDA hanya bisa melakukan perbaikan seadanya,” ujar Udi.
Sementara itu, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tange-rang, Affandi Permana yang dihubungi SH secara terpisah mengatakan, perbaikan bendungan tersebut bukanlah menjadi wewenang Pemerin-tah Kota Tangerang. “Perbaikan bendungan itu wewenang Propinsi Banten. Dan bukan porsi kami,” ujar Affandi.

Namun, Walikota Tangerang sudah mengajukan usulan kepada Propinsi Banten untuk segera melakukan renovasi secepatnya terhadap Bendungan Pasar Baru. “Karena ini menyangkut kepentingan orang banyak, termasuk PDAM Kota Tangerang,” ujarnya.

Ketika ditanyakan berapa lama perbaikan tersebut akan dilakukan, Affandi mengelak memberikan komentar. “Tanyakan langsung ke Propinsi Banten,” jawabnya singkat.

Seperti diberitakan SH, Jumat (14/8) akibat rendahnya curah hujan dan adanya kebocoran di Bendungan Pasar Baru mengakibatkan terganggunya proses produksi air bersih PDAM Kota Tangerang sampai dengan 30 persen. (wib)

Sumber: http://www.sinarharapan.co.id/berita/0108/30/jab01.html

Written by airsungaikelassatu2020

November 16, 2008 at 11:45 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: