sungaibersih2020

Sungaiku Bersih Sungaiku Jernih

JKPKA

leave a comment »

Seminar Hasil penelitian Kualitas Air Sungai Ciliwung
Peresmian Jaringan Komunikasi Pemantauan Kualitas Air (JKPKA) Sungai Ciliwung

09 – 9- 2003

Pada hari Kamis tanggal 4 September 2003 bertempat di Pendopo Kantor Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) berlangsung “Seminar Hasil Penelitian Kualitas Air Sungai Ciliwung” yang dilakukan oleh siswa-siswi SMU anggota JKPKA Sungai Ciliwung. Seminar yang dihadiri sekitar 150 peserta berasal dari kalangan pemerintahan, dunia usaha, perguruan tinggi, organisasi profesi, dan LSM itu menampilkan presentasi hasil penelitian Sungai Ciliwung bagian Hulu, bagian Tengah, dan bagian Hilir ditinjau dari aspek Biologi, Kimia, dan Geografi.

Pada kesempatan seminar ini sekaligus dilakukan peresmian pembentukan Jaringan Komunikasi Pemantauan Kualitas Air (JKPKA) Sungai Ciliwung oleh Direktur Jenderal Sumberdaya Air Departemen Kimpraswil yang diwakili Ir. Eddy Djayadireja, Dipl.HE. Direktur SDA Wilayah Tengah . Dalam kesempatan itu Dirjen Sumber Daya Air (SDA) menyambut baik diselenggarakannya Seminar Hasil Penelitian Kualitas Air Sungai Ciliwung sebagai bentuk nyata partisipasi generasi muda dalam upaya konservasi sumberdaya air, dan diharapkan dari seminar ini dapat dihasilkan kesimpulan dan rekomendasi yang bermanfaat bagi upaya peningkatan pengelolaan sumberdaya air, khususnya Sungai Ciliwung.

Panitia dalam laporannya menjelaskan bahwa, penyelenggaraan seminar ini merupakan bagian dari rangkaian Program Kampanye Peduli Air (KPA) dilingkungan dunia pendidikan dalam rangka Hari Air Sedunia 2003 yang merupakan agenda rutin dari Kemitraan Air Indonesia (KAI) dalam upaya penyelamatan air. Kegiatan tersebut diawali dengan Desiminasi Program KPA pada tanggal 24 Juli 2003, kemudian dilanjutkan praktek lapangan berupa Penelitian Kualitas Air Sungai Ciliwung antara tanggal 7 s/d 14 Agustus 2003.

Akan halnya dengan Jaringan Komunikasi Pemantauan Kualitas Air (JKPKA) Sungai Ciliwung yang diresmikan pembentukannya pada hari itu, merupakan organisasi wadah kegiatan sekolah yang peduli terhadap sumberdaya air. JKPKA terbentuk dari himpunan sekolah – sekolah (SMU) yang berkedudukan di Daerah Pengaliran Sungai (DPS) Ciliwung , bersifat ekstrakurikuler dan bergerak dalam pemantauan kualitas air.

Dalam hal ini Dirjen SDA berjanji akan selalu mendukung setiap upaya penyelamatan air yang dilakukan berbagai pihak. Dalam rangka Penyelamatan Air Sungai Ciliwung, diharapkan Proyek Induk PWS Ciliwung – Cisadane bersama institusi terkait dapat memfasilitasi kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh JKPKA Sungai Ciliwung.

Dalam pidato penutupannya DR.Ir. Soenarno,MSc mengharapkan agar diwilayah sungai yang lain juga dapat segera terbentuk jaringan – jaringan seperti JKPKA ini sehingga upaya dalam rangka penyelamatan air ini dapat berlangsung serentak diseluruh Indonesia.

Kedepan , JKPKA bukan hanya menjadikan sungai sebagai objek kegiatannya tetapi juga semua aspek baik fisik maupun sosial yang mempengaruhinya.(ft)

Sumber: http://www.inawater.com/news/wmprint.php?ArtID=946

Written by airsungaikelassatu2020

November 17, 2008 at 10:22 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: